Cara Edit File Format PDF Dengan Inkscape

Rabu, 28 Desember 2011

Terlebih dahulu harus diketahui apa itu Inkscape...? Software ini sama persis dengan Corel Draw dan yang lebih menarik lagi sofware ini Portable (artinya tidak perlu menginstal), langsung dapat di jalankan. untuk memilikinya anda dapat mendonwload Inkscape Portable Disini...!  Bagi anda pengguna Windows, pasti mengenal Software Corel Draw.
Khususnya bagi anda yang kuliah, atau bekerja pada bidang Graphic atau grafis. Anda pasti menggunakan software ini untuk melakukan editing terhadap gambar, atau bahkan membuat sebuah desain gambar baru. Namun, seperti layaknya kebanyakan aplikasi atau software-software windows yang lain, Corel Draw tidaklah gratis. Anda bisa mencoba software ini selama beberapa hari, seteah itu, anda harus membayarnya. Harga yang harus anda tebus juga tidak murah. Bagi anda yang mampu, sistem Try and Buy tidak akan menjadi masalah. Namun, bagi anda yang tidak memiliki dana, mungkin anda akan menggunakan sistem Try and Bye, atau coba, lalu buang. Itu jika anda masih menghargai para pembuatnya. Namun, tidak jarang pula yang mencari keygen untuk software ini. Alasannya sangat klasik. Tidak memiliki biaya untuk membeli, namun ingin memiliki akses penuh dalam mengoperasikan software ini.

Banyak situs-situs yang menyediakan keygen corel draw. Namun, tentunya anda akan merasa kurang nyaman jika terus-menerus menggunakan software-software bajakan. Untuk alternatif dari Corel Draw, anda bisa menggunakan software-software Open Source yang tentunya gratis dan juga asli. Salah satunya adalah Inkscape. Inkscape adalah salah satu software alternatif pengganti Corel Draw yang cukup baik. Tampilan dasar work space Inkscape dibuat mirip dengan corel draw. Sehingga, anda yang terbiasa menggunakan Corel draw, tidaka akan merasa kaget atau bingung saat menggunakan inkscape. Software ini cukup baik dalam melakukan editing ataupun membuat sebuah desain gambar yang baru.


Pada kesempatan ini, saya akan bahas tentang bagaimana kita edit file pdf, PDF adalah portable document format, sebuah format dokumen yang di buat oleh adobe pada 1993 yang berisikan text, citra dan vector. biasanya kita membuat file dokumen kita berformat pdf dengan tujuan agar dokumen kita paten dan tidak bisa dirubah. kalau merubah itu sebatas mengcopy text dan kemudian kita paste di aplikasi word, kita hanya perlu membukanya di Reader, kemudian kita copy text yang ingin kita copy tersebut ke software pemprosesan text. nah, permasalahnya bagaimana jika kita membutuhkan grafik chart , tabel, atau embedded gambar, maupun, desain layout  di dalamnya?

Sebenarnya sih ada beberapa software yang dapat digunakan untuk mengedit atau meng konfersi file .pdf tersebut kedalam bentuk .doc (microsoft office word document format). namun, karena kebanyakan adalah windows based banget. selanjutnya akan memanfaat software open source untuk editing vector grafis untuk mengeditnya. tidah sebatas untuk mengcopy text yang ada di dalamnya.namun, kita juga bisa memanipulasi grafis, table, grafik, dan desain dari pdf yang sudah jadi tersebut. yang kita perlukan adalah inkscape.
inkscape sudah memberikan fitur untuk membuka file pdf untuk kita edit. caranya hanya dengan  Klik file -> open -> documen.pdf pada document pdf , maka  akan di muncul tampilan pada dialog box seperti ini.

 



Tampilan Pada Desktop




Inkscape akan secara otomatis mendeteksi jumlah halaman .pdf anda, kemudian di pilihan page setting, anda hanya memilih halaman mana yang akan di edit. namun, kekurangan dari halaman kerja inkscape yang belum mendukung multipage, saya tidak menyarankan anda untuk melakukan save kembali terhadap document yang anda edit diatas pada file yang sama. karena akan tertimpa dengan file yang anda edit hanya satu halaman tersebut. yang saya sarankan adalah, ketika anda hendak meng copy dan mengedit apa yang ada di dalamnya, lakukan save as pada halaman baru. baik, dengan ini anda sudah bisa membongkar file pdf anda dan mengambil apa yang tersimpan di dokumen tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Master Gratis © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Go to Sigin and Sigin As